Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri

Posted by Unknown Minggu, 14 Oktober 2012 0 komentar

Mengatasi komputer sering restart sendiri - Beberapa masalah komputer yang paling sering terjadi adalah komputer yang sering restart sendiri. Kejadian seperti ini tentu sangat tidak diinginkan, apalagi jika komputer restart sendiri ketika anda sedang melakukan sebuah pekerjaan penting menggunakan komputer anda. Berikut Update Tips ! jabarkan penyebab yang dapat mengakibatkan komputer sering restart dan cara mengatasinya, antara lain :

1. Procesor Kepanasan

Overheat pada procesor merupakan penyebab utama komputer sering restart sendiri. Anda harus rajin mengecek temperatur pada komputer anda dan jangan sampai mengalami overheat. Cara mengatasi komputer sering restart sendiri karena overheat adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan debu yang menempel di CPU dan juga pendingin procesor. Gunakan kuas cat berukuran kecil yang halus dan bersih atau gunakan vacum cleaner kecil.
  • Simpan komputer di tempat yang tidak terlalu panas dan lebih baik di ruangan ber-AC atau ada kipas angin. Minimal simpan komputer di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.
  • Gunakan thermal paste sebagai penghubung yang merekatkan bagian Processor dengan Pendingin. Ganti thermal paste jika sudah kering.
  • Gunakan program monitoring temperature misal CPUID Hardware Monitor agar anda mengetahui kondisi overheat pada processor anda. Download programnya DISINI
2. Hardisk Bad Sector

Penyebab kedua yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri adalah terjadi Bad Sector pada Hardisk di komputer anda. Bad sector pada hardisk juga menjadi penyebab komputer hang, muncul bluescreen dan akan restart terus menerus. Untuk mencegah Bad Sector pada hardisk silahkan kunjungi Penyebab Hardisk Bad Sector.

Untuk memperbaiki hardisk bad sector tersebut anda dapat menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan meng-shutdown komputer terlebih dahulu.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak

Komputer sering restart juga terkadang disebabkan karena ada kerusakan pada bagian VGA Card yang terpasang di slot AGP atau PCI. Gejala VGA Card yang rusak adalah pada bagian pendinginnya akan terasa cepat panas dan tampilan gambar menjadi rusak. Silahkan cek komponen tersebut mungkin VGA Card di komputer anda yang menjadi penyebab komputer sering restart.

4. Power Supply kekurangan daya

Kurangnya daya pada power supply juga menjadi penyebab komputer sering restart. Hal ini dapat terjadi  karena macetnya kipas angin (fan) yang terdapat pada power supply, sehingga akan mengakibatkan overheat pada komponen. Saran Update Tips ! adalah gunakan power supplai dengan daya minimal 530 Watt.

5. RAM rusak

RAM pada komputer yang rusak juga menjadi hal yang menyebabkan komputer sering restart. Kalo sudah berbicara RAM rusak lebih baik diganti dengan yang baru dan juga dengan kualitas yang lebih baik. Karena jika RAM yang sudah rusak tetap dipertahankan, tetap saja suatu saat akan kembali kambuh seperti penyakit kronis pada manusia.

Itulah beberapa cara mengatasi komputer sering restart sendiri yang dapat Update Tips ! sampaikan kepada para pembaca. Komputer yang sering restart sendiri juga tempo hari dialami oleh saya sehingga saya memutuskan untuk menginformasikan hal ini kepada anda mengingat komputer sering restart sendiri merupakan hal yang sering dialami pemilik komputer.

Terima Kasih



Jika bermanfaat mari bagikan artikel ini melalui :
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Judul: Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri
Ditulis oleh : Unknown
Rating Blog : 5 dari 5
Jika artikel Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri ini bermanfaat anda diperbolehkan menyebarluaskannya tetapi anda diharuskan meletakkan link http://coretannaufa.blogspot.com/2012/10/mengatasi-komputer-sering-restart.html sebagai sumbernya.

Terima kasih sudah singgah membaca artikel di UPDATE TIPS !

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of Coretan Naufa. Kunjungi Trik SEO terbaru.